Translate with Google Translate

20 September 2010

Cara Mengatasi Virus W32Sality.AE

Mungkin diantara kawanetters ada yang sedang kebingungan atau kesusahan dengan yang namanya virus sality. Terus terang saya juga pernah mengalami hal itu dan membuat saya pusing 1.000.000 keliling. Bagaimana tidak ? komputer saya mati total gara-gara virus itu dan saya sampai ganti harddisk baru. Dari situ
saya kemudian mulai searching cara untuk menangani apabila nanti suatu saat saya ketemu virus sality lagi, dan alhamdulillah saya ketemu dengan artikel yang sangat bagus dari bang vaksin.com, tanpa pikir panjang langsung deh saya masukkan ke blog ini barangkali bermanfaat bagi kawanetters semua. Ini loh artikel yang buagus itu….
Tidak semua program antivirus dapat membersihkan file yang sudah terinfeksi virus W32/Sality.AE. Malah bisa-bisa, file tersebut akan rusak setelah di-scan dan dibersihkan oleh antivirus yang tidak tepat.
W32/Sality.AE akan menyebar dengan cepat melalui jaringan dengan memanfaatkkan default share windows atau share folder yang mempunyai akses full dengan cara menginfeksi file yang mempunyai ekstensi exe/com/scr. Karena itu, Vaksincom menyarankan pengguna komputer untuk menonaktifkan Default Share (C$, D$ .. dst) dan hindari Full Sharing folder anda di jaringan.
Selain menyebar dengan menggunakan jaringan, ia juga akan memanfaatkan flash disk yakni dengan cara kopi dirinya dengan nama file acak dengan ekstensi exe/cmd/pif serta membuat file autorun.inf agar dirinya dapat aktif secara otomatis tanpa harus menjalankan file yang sudah terinfeksi virus, selain itu ia juga akan menginfeksi file yang mempunyai ekstensi exe/com/scr yang terdapat dalam flash disk tersebut.
Berikut 9 cara singkat membersihkan virus W32/Sality.AE yang saya dapat dari bang vaksin.com
1. Putuskan hubungan komputer yang akan dibersihkan dari jaringan dan internet.
2. Matikan System Restore selama proses pembersihan berlangsung.
3. Matikan Autorun dan Default Share. Silahkan download file berikut kemudian jalankan dengan cara: klik kanan repair.inf lalu install. http://www.4shared.com/file/82762498/f5dc1edd/repair.html?dirPwdVerified=feea1d94
4. Matikan program aplikasi yang aktif di memori agar proses pembersihan lebih cepat terutama program yang ada dalam daftar startup.
5. Sebaiknya scan dengan menggunakan removal tools dengan terlebih dahulu merubah ekstensi dari removal tools tersebut dengan ekstensi lain [contoh: CMD] agar tidak diinfeksi ulang oleh W32/Sality.AE.
6. Agar komputer yang sudah terinfeksi W32/Sality.AE dapat booting safe mode, silahkan restore registry yang sudah diubah oleh virus. Silahkan download file berikut kemudian jalankan sesuai OS yang terinfeksi W32/Sality.AE tersebut. http://www.4shared.com/file/82761423/934fb170/_2__Sality.htmldirPwdVerified=feea1d94
7. Fix registry lain yang diubah oleh virus, silahkan download tools berikut kemudian jalankan file tersebut dengan cara: klik kanan repair.inf lalu install http://www.4shared.com/file/82874724/f485f1dd/repair.html?dirPwdVerified=3b1f2fa9
8. Restart komputer dan scan ulang dengan menggunakan removal tools untuk memastikan komputer telah bersih dari virus.
9. Untuk pembersihan optimal dan mencegah infeksi ulang sebaiknya install dan scan dengan antivirus yang dapat mendeteksi Sality dengan baik.
Oke inilah yang mungkin bisa saya tampilkan, walaupun hanya ngambil dari artikel lain tapi saya percaya info ini pastinya bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih banyak atas kunjungannya…!!! 
Source : vaksin.com

Artikel Terkait :

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: youremail@gmail.com

Our Team Memebers